Sabtu

Beberapa Tips dalam Memilih Souvenir Promosi

Setiap usaha memiliki karakteristik dan target market yang berbeda. Karenanya jika Anda memutuskan menggunakan souvenir promosi sebagai salah satu alat pemasaran maka harus dipastikan bahwa item yang dipilih sesuai dengan karakteristik usaha dan target market Anda.
Tanpa memperhatikan hal tersebut maka yang terjadi adalah pemborosan yang sia-sia.

Pertama-tama yang wajib menjadi perhatian Anda adalah apakah item yang Anda pilih berguna dengan target market/pelanggan Anda. Semakin bermanfaat dan semakin sering item tersebut digunakan oleh pelanggan maka semakin tinggi pula efektivitasnya. USB Flash Disk Promosi misalnya; jika pelanggan Anda adalah pelajar, mahasiswa atau pegawai kantoran maka besar kemungkinan item ini akan dipakai oleh mereka sendiri dalam keseharian maka tentu tingkat efektivitasnya sangat tinggi. Sebaliknya jika pelanggan Anda adalah Ibu Rumah Tangga maka bisa jadi item ini akan dipakai oleh anak atau suaminya, sehingga tingkat efektvitasnya sangat rendah.

Sejak awal maraknya souvenir promosi digunakan sebagai pendukung aktivitas pemasaran banyak perusahaan yang belum berani memilih warna mencolok. Setelah puluhan tahun industri ini berkembang masih banyak klien yang memilih warna konvensional. Akibatnya berkesan membosankan dan tidak lagi menjadi nilai pembeda antar satu perusahaan dan perusahaan lainnya.

Jangan khawatir dalam memilih warna mencolok namun satu hak yang pasti bahwa warna tersebut serasi dengan logo usaha Anda. Item yang sama bisa berkesan berbeda jika Anda memadukan warna dengan baik. Jangan lupa bahwa salah satu tujuan souvenir promosi adalah menarik perhatian, karenanya warna yang mencolok berpeluang lebih besar memperoleh perhatian.

Supplier souvenir promosi Anda tentu dengan senang hati memberikan konsultasi mengenai warna, jadi jangan ragu-ragu untuk mengkonsultasikan pilihan item dan warna souvenir promosi pilihan Anda dengan suplier yang bersangkutan.