Kamis

Solusi Promosi di Masa Krisis

Promosi merupakan sarana yang vital bagi setiap perusahaan untuk mengkomunikasikan merek, produk maupun perusahaan itu sendiri. Baik pada kondisi krisis sekalipun tidaklah menjadi alasan bagi sebuah perusahaan untuk menghentikan kegiatan ini. Sebaliknya banyak perusahaan yang justru pada masa sulit meningkatkan intensitas kegiatan promosi. Hasilnya pun cukup signifikan karena banyak stakeholder yang menilai bahwa perusahaan yang tetap gencar melakukan promosi di masa sulit mampu bertahan lebih daripada para kompetitornya.

Bagaimana perusahaan-perusahaan tersebut mampu melakukan kegiatan promosi dimasa sulit?
Beberapa hal bisa dilakukan untuk melakukan promosi dengan sedapat mungkin menghemat biaya. Terkait dengan promosi melalui produk promosi berikut beberapa tips yang mungkin bermanfaat:

Tentukan Budget dan Quantity
Sebelum Anda menentukan item produk promosi apa yang hendak digunakan maka sebaiknya tentukan dulu berapa budget yang tersedia untuk kegiatan ini. Setelah budget ditentukan maka berikutnya adalah menentukan berapa banyak produk promosi yang akan Anda bagikan kepada target market Anda.

Pilih Item yang Tepat
Setelah budget dan kuantitasnya ditentukan maka kini Anda dapat berhitung berapa budget yang tersedia untuk per biji item produk promosi. Banyak pilihan produk promosi berharga murah namun berkesan eksklusif. Pada kondisi krisis item-item ini merupakan pilihan yang tepat.

Jika jumlah item yang Anda butuhkan sedikit (100-1.000 pcs) maka dapat memilih USB Flash Disk misalnya. USB Flash Disk hingga saat ini masih cukup populer di berbagai kalangan baik pelajar maupun profesional sehingga target marketnya cukup luas. Dengan kemasan box menarik, cetakan logo Anda pada USB Flash Disk, menu autorun yang menampilkan logo atau profil usaha Anda maka produk promosi ini menjadi item eksklusif dalam membranding produk atau perusahaan Anda.

Sebaliknya apabila jumlah item yang dibutuhkan sedang (1.000-10.000 pcs) atau banyak (> 10.000 pcs) maka Anda dapat memilih produk gantungan kunci atau gantungan hp. Untuk produk-produk ini yang perlu diperhatikan adalah desain, resolusi, daya tahan dan finishing-nya. Ketiga hal inilah yang membedakan harga dari masing-masing supplier produk promosi.

Pesan Jauh-jauh Hari
Seringkali perusahaan tidak mengagihkan cukup waktu ketika memesan produk promosi. Meski secara teknis beberapa item bisa diproduksi dalam jangka waktu 2 (dua) hingga 4 (empat) minggu namun ada faktor-faktor lain yang harus dipahami.

Pada peak season order yang masuk dan harus diselesaikan pada waktu berdekatan biasanya cukup tinggi sehingga ada kemungkinan order yang masuk ditolak demi menjaga kualitas, akibatnya tidak banyak vendor/supplier yang masih bisa menerima order. Tentunya hal ini akan berdampak bagi kualitas produk promosi yang dihasilkan. Jangan lupa bahwa item produk promosi yang sedemikian kecil ini adalah duta bagi merek Anda. Beranikah Anda mengorbankan kualitas?

Faktor lain adalah ketersediaan produk, pada peak season kerena tingginya order seringkali tidak berbanding dengan ketersediaan produk maka semakin sulit bagi Anda untuk menentukan pilihan produk.

Karenanya adalah baik apabila Anda telah mempersiapkan dan melakukan order setidaknya 4 bulan sebelum hari H.

Warna Logo
Jika item produk promosi yang Anda pilih nantinya akan dicetak dengan metode pad print maka hendaknya Anda pertimbangkan berapa warna yang akan digunakan. Sebab tambahan warna berarti tambahan biaya.

Solusinya jika tagline Anda sudah cukup kuat tertanam di benak pelanggan maka cukup tuliskan tagline dengan satu warna. Atau jika tetap memaksakan mencantumkan nama perusahaan setidaknya bisa tanpa logo mengingat bahwa umumnya warna dan desain logo harus persis seperti aslinya.

Download katalog:
USB Flash Disk
Gantungan Kunci Karet