Jumat

Did You Know: Kekuatan Promotional Products

Belakangan ini kekuatan media komunikasi tradisional dalam aktivitas pemasaran seperti media cetak, radio dan bahkan televisi dirasakan tidak lagi efektif dan ekonomis bagi beberapa perusahaan.

Akibat hal tersebut maka media-media lain yang tadinya kurang mendapat perhatian mulai digarap dengan lebih serius oleh para pemasar. Media-media alternatif tersebut antara lain adalah direct mail dan promotional products. Apa saja yang menjadi kekuatan dari promotional products dibanding media lain?

Tepat Sasaran
Promotional products menjadi salah satu media promosi dan komunikasi favorit dalam beberapa waktu terakhir. Bukan tanpa alasan tentunya sebab promotional products dapat menjangkau target market lebih efektif dan memberi dampak seketika sekaligus mendalam kepada target market yang dikehendaki.

Jika beriklan di televisi kecil jaminan bahwa iklan tersebut akan dilihat langsung oleh target market. Terlebih belakangan ini berbagai survei telah menujukkan bahwa penonton televisi memiliki kecenderungan tinggi untuk memindahkan saluran saat jeda iklan.


Jangka Panjang
Berapa lama suatu iklan atau promosi melalui media tradisional akan melekat di benak konsumen?

Dengan biaya yang lebih murah Anda dapat menggunakan promotional products sebagai media promosi yang manfaatnya dapat secara langsung diterima oleh target market Anda. Karena manfaatnya pula maka merk Anda akan terus terbaca oleh target market selama promotional products tersebut digunakan.

Kreatif
Perusahaan yang menggunakan promotional products sebagai media promosi dapat menggali unsur kreativitas agar komunikasi produknya lebih berkesan dan melekat pada benak pelanggan.

Sebuah perusahaan parfum atau sabun misalnya dapat memilih pena yang sekaligus dapat diberi aroma produknya sehingga lebih mudah melekat dalam persepsi pelanggan.

Lebih Diterima
Promosi menggunakan souvenir akan cenderung dipersepsi positif oleh target market. Katakanlah tim penjualan Anda datang kepada seorang prospek di sebuah mall dan tiba-tiba berkata: “Pak kami dari perusahaan A mau menjual produk A, apa kami bisa minta waktu untuk menjelaskan?” Bayangkan apa reaksi prospek Anda?
Bandingkan bila tim penjualan Anda datang dengan membawa souvenir promosi dan berkata: “Selamat siang Pak, kami ada gift spesial untuk Bapak. Mohon diterima ya Pak. O ya kami dari perusahaan A yang bergerak dalam bidang A, salah satu produk kami...”
Manakah yang kira-kira akan diterima dengan baik oleh prospek Anda?

Jadi media mana yang akan Anda pilih untuk aktivitas pemasaran mendatang?

0 komentar: