Rabu

Souvenir Promosi: Sarana Efektif untuk Beriklan

Berdasar sebuah survei yang dilakukan oleh Advertising Specialties Institute (ASI), souvenir promosi terbukti sebagai sarana promosi yang jauh lebih efektif dan bertahan lama di benak pelanggan dibandingkan beriklan di media televisi, radio maupun media cetak. Selain itu tentu saja anggaran yang diperlukan juga lebih rendah ketimbang media yang lain.

Bukan hanya itu souvenir promosi juga menjadi media promosi yang memberikan kesan mendalam di hati para pelanggan. Survei ini sendiri melibatkan lebih dari 600 responden yang bukan hanya sekedar turut serta dalam polling namun juga wawancara.

Hal penting lain yang ditemukan dalam penelitian tersebut antara lain:
  • 84% pelanggan mengaku ingat akan suatu produk atau perusahaan karena pernah memberikan souvenir promosi.
  • 24% responden mengindikasikan bahwa mereka lebih tertarik untuk memberi dari perusahaan yang memberikan souvenir promosi.
  • 62% menyatakan telah membeli dari perusahaan yang memberikan souvenir promosi.
  • 81% menyimpan souvenir yang mereka terima karena dianggap berharga.
  • ¾ dari total responden mengaku menyimpan dan menggunakan souvenir promosi selama 7 (tujuh) bulan...wow!!
Penelitian tersebut juga mengungkap bahwa souvenir promosi yang paling sering diperoleh pelanggan berupa: alat tulis (peringkat pertama), kaos/pakaian berada pada peringkat kedua diikuti oleh topi dan tas masing-masing berada di peringkat ketiga dan keempat. Para responden mengaku bahwa tas merupakan souvenir yang paling digemari dan paling sering digunakan.

Berdasar penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa souvenir promosi merupakan sebuah solusi bagi perusahaan untuk tetap melakukan kampanye dengan efektif dan berbiaya rendah. Solusi ini rasanya sangat tepat dalam kondisi perekonomian saat ini.

0 komentar: