Rabu

Istilah Seputar Promotional Products

Promotional products secara umum dapat diartikan sebagai sebuah simbol yang berfungsi sebagai representasi perusahaan atau merk. Terkait fungsi tersebut maka biasanya pada item promotional products tercetak logo, nama perusahaan/merk dan kadang kala juga tagline. Keberadaan promotional products dimaksudkan untuk mendukung aktivitas pemasaran dan komunikasi.

Berdasarkan peruntukannya promotional products dapat dibagi ke dalam beberapa kategori yaitu:

Ad Specialties
Perhatikan sekeliling Anda, gantungan kunci, alat tulis, mug, mouse pad dan lain sebagainya termasuk sticker dealer pada kendaraan Anda termasuk dalam kategori ini.
Segala jenis promotional products yang diberikan secara cuma-cuma pada saat pameran merupakan ad specialties.

Business Gifts
Promotional products dalam kategori ini adalah yang paling umum dijumpai. Hampir sebagian besar perusahaan menggunakan promotional products sebagai business gifts.
Promotional products dikategorikan demikian apabila diberikan dengan tujuan sebagai ucapan terima kasih pada pelanggan, mitra dalam mengembangkan bisnis, distributor dan lain sebagainya.

Premiums
Termasuk dalam kategori ini apabila promotional products diberikan untuk menarik minat beli pelanggan. Misalnya sebagai hadiah setiap pembelian dengan nilai nominal tertentu. Dengan kata lain yang termasuk dalam kategori ini adalah promotional products yang dapat diperoleh dengan syarat tertentu.
Syarat ini yang membedakan antara premiums dengan kedua kategori sebelumnya.

Tanda Penghargaan
Plakat, pin, piala dan lain sebagainya yang diberikan sebagai penghargaan atas suatu prestasi yang dicapai merupakan promotional products dalam kategori ini.
Ketika digunakan sebagai tanda penghargaan seringkali promotional products memiliki nilai yang jauh lebih tinggi ketimbang nilai ekonomis sebenarnya.

0 komentar: