Selasa

Tips 1: Promotional Products

Dalam melakukan aktivitas pemasaran banyak perusahaan yang berinvestasi pada souvenir promosi (promotional products), tidak sedikit yang meyakini bahwa promotional product menjadi salah satu faktor yang berperan dalam keberhasilan sebuah kegiatan pemasaran. Benarkah demikian?


Promotional product sendiri baik berupa mug, gantungan kunci, jam meja, mouse pad dan lain sebagainya bukanlah faktor yang menentukan keberhasilan kegiatan pemasaran bagi sebuah produk atau perusahaan. Meski demikian metode promosi dengan menggunakan media tersebut dapat dikatakan cukup efektif.

Berbeda dengan promosi melalui televisi, media cetak ataupun billboard, Promotional product disamping unik juga manfaatnya dirasakan secara langsung oleh pelanggan. Manfaat tersebut menjadikan promotional product lebih dekat dengan pelanggan demikian pula tentunya dengan logo korporat ataupun produk yang tercantum. Promotional product biasanya akan dibawa oleh pelanggan dimanapun dia berada dengan demikian kegiatan ini pun menjadi aktivitas promosi bagi produk atau perusahaan yang bersangkutan.

Pemberian promotional product bagi pelanggan tidak hanya akan mengkampanyekan produk/perusahaan dengan dibawanya souvenir tersebut dalam aktivitas pelanggan. Lebih dari itu pelanggan yang menerima souvenir akan merasa bangga dan dihargai oleh perusahaan sehingga akan memengaruhi perilaku, keputusan beli dan bahkan preferensi rekomendasi dimasa mendatang.


Promotional product juga dapat dibagikan kepada karyawan dan memberi dampak kebanggaan pada diri karyawan akan citra perusahaan tempat mereka bekerja. Kebanggaan ini sangatlah penting mengingat karyawan senantiasa akan menjadi duta merek (brand ambassador) bagi perusahaan.

Mengingat pentingnya peran promotional product sebagai salah satu bagian dalam aktivitas pemasaran maka penting pula bagi perusahaan untuk berhati-hati dalam memilih supplier maupun produknya. Tidak setiap supplier memiliki kendali mutu dari produk yang dibuatnya, kualitas promotional product tidak dapat ditolerir sebab keberadaannya bisa mendukung atau justru menjatuhkan reputasi perusahaan yang menggunakan. Selain itu pilihan item juga harus sesuai dengan jenis produk maupun target market­-nya. Kesimpulan hari ini: meski promotional product bukan satu-satunya faktor yang menentukan keberhasilan namun dengan pilihan yang tepat akan berpengaruh terhadap aktivitas pemasaran

0 komentar: