Minggu

Tips 4: Etika dalam Memberi Corporate Gift

Anda tentu telah memahami perbedaan antara souvenir promosi dengan corporate gift bukan? Jika belum silakan baca dulu artikel sebelumnya yang berjudul: “Souvenir Promosi BUKAN Corporate Gift”.

Pada artikel ini kami akan membahas mengenai corporate gift. Corporate gift layaknya pedang bermata dua. Jika dilakukan dengan cara yang tepat dapat meningkatkan loyalitas serta komitmen pelanggan dan relasi. Sebaliknya jika dilakukan sembarangan justru akan menjatuhkan reputasi perusahaan Anda. Untuk menghindari kesalahan fatal berikut kami berikan tipsnya:

Tentukan Tujuan
Apa yang menjadi tujuan Anda memberikan gift? Meningkatkan loyalitas pelanggan? Menjaga hubungan baik dengan relasi? Atau memotivasi karyawan Anda? Ketiganya harus dibedakan karena tujuannnya berbeda maka item yang dipilih pun harus berbeda sesuai tujuannya.

Buat Daftar
Susunlah sebuah daftar kepada siapa saja corporate gift tersebut akan diberikan. Sekali lagi perhatikan point no. 1 bahwa harus dibedakan antara memberi kepada pelanggan dengan memberi kepada karyawan. Jika Anda hendak memberi kepada relasi maka pastikan bahwa pemberian tersebut tidak melanggar atau bertentangan dengan aturan perusahaan dimana relasi Anda bekerja.

Profesional BUKAN Personal
Pastikan jenis item dan cara penyampaiannya berkelas dan elegan. Tunjukkan bahwa pemberian ini profesional bukan pemberian personal. Tindakan yang berkesan personal bisa disalahartikan bahwa Anda sedang melakukan suap dan tentu saja menjatuhkan citra perusahaan Anda.

Perhatikan Harga
Terakhir, komponen harga turut memainkan peran yang vital. Mengapa demikian? Harga yang terlalu mahal cenderung berkesan personal dan menyuap, sedangkan harga yang murah memberi kesan bahwa Anda kurang menghargai. Karenanya pilihlah item dengan harga yang wajar, harga wajar tentunya relatif namun Anda pasti cukup mengenal industri Anda bukan?

Sekian tips kali ini, sekali lagi kami berharap tips ini bermanfaat bagi Anda.

0 komentar: