Jumat

Tips 3: Waktu yang Tepat untuk Membagikan Souvenir Promosi

Jika Anda telah membaca artikel sebelumnya yang berjudul: “Souvenir Promosi: Sarana Efektif untuk Beriklan” maka asumsi kami pada saat ini Anda telah memahami betapa besar manfaat souvenir pada kegiatan promosi.

Lalu kapankah saat yang paling tepat untuk membagikan souvenir promosi tersebut? Berikut kami berikan rekomendasi yang dilakukan berdasarkan penelitian serta pengamatan:

Pameran/Expo
Event ini menjadi saat yang paling umum digunakan untuk membagikan souvenir promosi. Souvenir menjadi pengingat bagi pengunjung akan sebuah produk/merk. Bahkan menurut pengakuan para responden mereka datang ke sebuah pameran atau EXPO dengan harapan memperoleh berbagai brosur dan souvenir promosi sebagai referensi.

Event Khusus
Training, gathering dan rapat menjadi event yang tepat pula untuk membagikan souvenir.
Jika pada event lain sasarannya adalah pelanggan dan relasi maka khusus pada kesempatan ini souvenir dibagikan kepada karyawan dan atau keluarganya. Jangan lupa bahwa karyawan dan keluarganya adalah brand ambassador sekaligus dapat menjadi opinion agents bagi merek dan perusahaan Anda. Karenanya penting untuk menciptakan kebanggan merek dalam diri mereka.

Pengumpulan Dana
Souvenir tidak harus selalu dibagikan secara cuma-cuma namun dapat pula dijual untuk acara pengumpulan dana (sosial). Tentu saja untuk event semacam ini disarankan untuk memilih item yang lebih eksklusif.

Product Launching
Souvenir promosi menjadi sangat vital pada kegiatan ini. Sebab kehadirannya dapat menjadi pengingat sekaligus meningkatkan citra merk produk yang di launching dan menjadi bagian dari keseluruhan event itu sendiri. Banyak perusahaan yang mengadakan event semacam ini dengan begitu meriah, berkelas dan berbiaya tinggi namun menggunakan souvenir promosi yang asal-asalan.

Hadiah
Anda juga bisa menjadikan souvenir promosi sebagai daya tarik yang memikat konsumen untuk membeli sebuah produk. Gunakan souvenir tersebut sebagai hadiah untuk pembelian dalam jumlah tertentu atau pembelian sebuah produk baru.

Kampanye Merk
Kegiatan ini menjadi kegiatan dimana souvenir promosi paling sering dipergunakan oleh perusahaan. Biasanya dalam kegiatan ini souvenir dibagikan kepada komunitas yang menjadi opinion agents, opinion leader dan referral group. Selain itu souvenir promosi juga biasa diberikan kepada para sponsor yang turut mendukung kegiatan ini.

Sekian tips kali ini semoga bermanfaat bagi Anda.

0 komentar: